Sekilas Perkembangan HTML

7-Best-HTML5

Sekilas perkembangan HTML, HTML saat ini sudah menjadi bahasa standar untuk menampilkan halaman web. Kehadiran HTML tidak terlepas dari perkembangan internet itu sendiri. HTML hadir mengiringi kelahiran salah satu teknologi internet yang disebut dengan World Wide Web (WWW), atau lazim disingkat Web. Teknologi web melengkapi teknologi lain yang sudah ada di internet sebelumnya, seperti layanan E-mail dan FTP (File Transfer Protocol).

Web diperkenalkan oleh Timothy John Berners-Lee (Tim Berners-Lee) pada tahun 1991. Teknologi web merupakan sebuah sistem dokumen yang saling terkait (disebut hyperlink) untuk diakses via internet.

Tiga dasar teknologi yang dikembangkan oleh Tim Berners-Lee untuk web adalah :

  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) : Protokol yang menjadi pondasi bagi pertukaran informasi di layanan web.
  • URL (Uniform Resource Locator) : Pengidentifikasian sebuah sumber informasi di web melalui sederet karakter tertentu. Saat ini lazim dikenal dengan sebutan “alamat web”
  • HTML (Hypertext Markup Language) : Sebuah bahasa untuk mempublikasikan informasi web.

Seperti layanan teknologi internet lainnya, web menggunakan model jaringan client-server. Sekumpulan dokumen yang ditempatkan di server dapat diakses dikomputer client menggunakan program yang disebut web browser. Agar dokmen dapat saling dihubungkan dan diakses via web, browser, maka digunakan HTML.

HTML sendiri dikembangkan dari bahasa SGML (Standard Generalized Markup Language), yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan. Selanjutnya, HTML terus disempurnakan di setiap versi barunya.

Pengembangan HTML awalnya berada di bawah badan internet yang bernama IETF (Internet Engineering Task Force). Adapun pengembangan versi-versi berikutnya berada di bawah badan W3C (World Wide Web Consortium). Berikut beberapa rilis versi populer HTML :

  • HTML 2.0 (November 1995) : Memiliki kemampuan tambahan dibanding versi awal, diantaranya upload file via form, penggunaan tabel, image-map, dan internasinalisasi.
  • HTML 3.2 (Januari 1997) : Formula matematika ditiadakan. Formula matematika distandarkan secara terpisah sebagai MathML. Namun kini, MathML menjadi bagian dari HTML 5.0.
  • HTML 4.0 (Desember 1997) : Memiliki 3 variasi, yaitu Strict, Transitional, dan Frameset. HTML 4.0 Strict tidak mengijinkan pemakaian elemen HTML yang telah ditiadakan, HTML 4.0 Transitional masih memperbolehkan, HTML 4.0 Frameset hanya meperbolehkan penggunaan elemen terkait frame.
  • HTML 4.01 (Desember 1999) : Memiliki 3 variasi seperti versi HTML sebelumnya, yaitu HTML 4.01 Strict, HTML 4.01 Transitional, dan HTML 4.01 Framset.
  • ISO HTML (Mei 2000) : Didasarkan pada HTML 4.01 Strict, menjadi standar internasional. Pada saat yang sama, W3C juga mengembangkan XHTML (Extensible HyperText Markup Language) versi 1.1 dan 1.2 yang digunakan untuk membangun halaman web berbasis XML. Pengembangan XHTML 2.0 sendiri akhirnya dihentikan setelah adanya HTML 5.0
  • HTML 5.0 (Oktober 2014) : Menerapkan beragam perubahan yang signifikan. HTML 5.0 (Lazim ditulis HTML5) mengakomodasi berbagai standar seperti HTML 4.01 dan XHTML 1.

Pada versi HTML5, sejumlah fitur baru dihadirkan dan perubahan-perubahan tertentu dilakukan, antara lain :

  • Diperkenalkannya elemen-elemen semantic, yaitu elemen yang penamaanya disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya.
  • Diperkenalkannya fitur untuk mengaambar.
  • Diperkenalkannya elemen-elemen multimedia baru.
  • Elemen form memiliki sejumlah tag baru, atribut baru, dan tipe-tipe atribut baru.
  • Penyederhanaan penulisan kode (sintaks), antara lain definisi tipe dokumen (Doctype) dipersingkat, atribut type pada elemen script dan link boleh dibuang, serta penulisan atribut boleh menggunakan tanda kutip maupun tidak.
  • Sejumlah tag pada HTML versi lama sudah tidak digunakan lagi

Mengingat HTML5 menerapkan sejumlah perubahan, konsekuensinya diperlukan web browser yang up to date untuk mengakses halaman web berbasis HTML5. Versi browser minimal yang bisa digunakan adalah Google Chrome 10.0, IE 8.0 (IE 9.0 lebih disarankan), dan Firefox 4.0.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s