Sekilas Perkembangan CSS

css3-in-all-its-glory

CSS diperkenalkan oleh Hakon Wium Lie pada tahun 1994. Hakon Wium Lie saat itu bekerja bersama Tim Berners-Lee (Pembuat web dengan HTML) di CERN. Pengembangan CSS kini berada dibawah badan W3C bersama dengan HTML.

Berikut beberapa rilis versi pengembangan CSS :

  • CSS1 (Desember 1996) : Resmi direkomendasikan sebagai CSS level 1 oleh W3C. Fiturnya antara lain untuk mengatur font, mewarnai teks dan latar halaman, mengatur perataan gambar, tabel, dan elemen lainnya, serta membuat margin, padding, dan border.
  • CSS 2 (Mei 1998) : Memiliki tambahan fitur untuk mengatur posisi elemen secara absolute, relative, dan fix, serta tambahan properti font baru misalnya untuk membuat efek shadow.
  • CSS 2.1 (Februari 2004) : Merupakan versi revisi CSS 2 yang membuang fitur-fitur bermasalah dengan support dan kompatibilitas browser. versi finalnya baru direkomendasikan pada juni 2011.
  • CSS 3 (Juni 2012) : Pengembangannya dipecah dengan sistem modul. Meskipun memiliki lebih dari 50 modul pengembangan, namun CSS3 atau lazim disebut CSS3 saat ini memiliki 4 modul resmi, yaitu modul media query, selector, namespace, dan color.

Saat ini belum ada rilis resmi mengenai CSS4. Namun , sudah ada beberapa modul pengembangan CSS4. Rilis CSS4 Menunggu semua modul CSS3 terselesaikan seluruhnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s